Senin, 07 Mei 2012

Mengaplikasikan Windows Vista Sidebar di Windows 7


Sekarang, saya akan memberitahukan kepada anda cara untuk menampilkan dan mengaplikasikan Windows Sidebar pada Vista asli di Windows 7. Bagi anda yang kangen dengan Sidebar Windows Vista, anda berada ditempat yang tepat. Biasanya para desktop modder lebih menyukai gadget bersidebar dan dapat dimodifikasi sidebar tersebut. Hal ini sangat berkaitan kuat dengan Windows Sidebar Styler yang sudah saya posting sebelumnya. Untuk mempersingkat waktu, mari kita mulai, pasang sabuk pengaman anda.
Di Windows 7, sidebar ditiadakan. Anda bisa melihat perbedaannya.
Seperti itulah kenampakannya. Di tutorial ini, anda akan mengaplikasikan gadget dan sidebar Windows Vista di Windows 7. Yuk kita mulai.

Cara memasang

1. Download Windows Vista Sidebar for Windows 7. (for 32-bit and 64-bit)
2. Close gadget terlebih dahulu. Dengan cara menghentikan process yang bernama “sidebar.exe” di task manager.


3. Extract file download. Anda akan mendapatkan dua folder, yaitu TakeOwnership dan Windows Sidebar.
4. Sebelum kita beranjak ke tahap selanjutnya, buka folder TakeOwnership, install registry InstallTakeOwnership dengan klik 2x. Kotak peringatan akan muncul, klik saja Continue.

Klik gambar untuk memperbesar
 Tujuan menginstall Take Ownership adalah untuk memindah kepemilikan suatu file. File system biasanya dijaga ketat dan dimiliki oleh TrustedInstaller. Anda bisa memindah kepemilikan file tersebut menjadi milik anda dengan cara take ownership. Cara ini lebih mudah daripada harus masuk CMD atau mengedit kepemilikan secara manual. Bila suatu file menjadi milik anda, anda dapat melakukan segala hal terhadap file tersebut tanpa campur tangan system.
5. Beralihlah ke C:/Program Files. Cari folder bernama Windows Sidebar. Klik kanan pada folder tersebut, lalu klik Take Ownership.
Klik gambar untuk memperbesar
Sebuah window CMD akan muncul, menunjukkan proses memindah kepemilikan folder beserta isinya ke tangan anda
6. Selanjutnya, rename folder Windows Sidebar milik anda menjadi Windows Sidebar2.
Klik gambar untuk memperbesar
Tujuan me-rename folder ini adalah untuk membuat backup folder. Suatu ketika anda ingin kembali menggunakan gadget Windows 7, anda tinggal me-rename folder ini menjadi Windows Sidebar kembali. Ketika anda ingin melakukan perubahan terhadap folder Windows Sidebar, pastikan gadget dalam keadaan mati.
7. Copy folder Windows Sidebar yang sudah diekstrak ke C:\Program Files.
8. Jalankan Windows Gadget, klik kanan pada desktop, klik Gadgets.
9. Selesai, anda akan melihat Sidebar beserta gadget disebelah kiri desktop anda dan gadget window akan muncul.
Klik gambar untuk memperbesar
Walau sekarang anda memakai Windows Vista Sidebar sebagai gadget anda, gadget Windows 7 anda yang lama tidak akan hilang dan terhapus. Anda sekarang bisa memasang kembali gadget favorit anda ke Sidebar.

Apalagi yang anda bisa lakukan dengan Windows Sidebar anda yang baru?

Anda dapat memberikan, memodifikasi background dan komponen-komponen Windows Sidebar anda dengan Windows Sidebar Styler. Selain itu anda dapat me-resize sidebar anda. Selengkapnya, baca artikel ini, “Style Windows Sidebar Anda Dengan Windows Sidebar Styler“.

Windows Sidebar Styler in Action!

Styles and Extensions

Resize your sidebar!

Ditulis Oleh : Unknown ~ Tips dan Trik Blogspot

Akhmad Jailani Sobat sedang membaca artikel tentang Mengaplikasikan Windows Vista Sidebar di Windows 7. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Get this widget ! ::

Tidak ada komentar:

Posting Komentar